News  

Pj Gubernur Andap Lepas 2.122 Calon Jamaah Haji Asal Sultra Tahun 2024

Pj Gubernur Andap Budhi Revianto melepas sebanyak 2.122 calon jamaah haji asal Sulawesi Tenggara (Sultra) Tahun 2024. Pelepasan dilaksanakan di Ballroom KH Baidawi Asrama Haji Kota Kendari, pada Selasa (28/5). Foto: Wiwid Abid Abadi/Sultranesia.com.

Kendari – Pj Gubernur Andap Budhi Revianto melepas sebanyak 2.122 calon jamaah haji asal Sulawesi Tenggara (Sultra) Tahun 2024.

Pelepasan dilaksanakan di Ballroom KH Baidawi Asrama Haji Kota Kendari, pada Selasa (28/5).

Dalam sambutannya, Pj Gubernur berpesan kepada para calon jamaah haji asal Sultra agar meluruskan niat untuk beribadah kepada Allah SWT di Tanah Suci.

Andap berpesan agar jamaah haji asal Sultra perbanyak berdoa, zikir, dan beribadah lainnya.

“Tetap jaga kekompakan dan kebersamaan, lakukan pemeriksaan intens dan ikuti saran dari tenaga medis,” pesan Andap.

Andap juga berpesan agar jamaah haji mematuhi aturan yang berlaku yang telah ditetapkan pihak yang berwenang di Tanah Suci.

“Tetap bersikap sabar dan toleran kepada sesama jamaah haji dari daerah dan negara lain. Dan terus berdoa kepada Allah SWT agar menerima segala ibadahnya selama di Tanah Suci,” tambahnya.

Terakhir, Andap selaku Pj Gubernur atas nama Pemprov Sultra dan segenap masyarakat Bumi Anoa mendoakan agar seluruh calon jamaah haji dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dan kembali ke Tanah Air dengan selamat.

Selanjutnya, kepada para petugas haji, Sekjen Kemenkumham ini berpesan  agar menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.

“Berikan pelayanan terbaik dengan profesional dan kompeten. Sabar dan peduli terhadap kondisi kebutuhan para jamaah, terutama yang memerlukan perhatian khusus. Jaga kesehatan dan keselamatan diri sendiri dan para jamaah. Lakukan upaya pencegahan dan penanganan medis dengan cepat dan tepat,” pungkas Andap.

Diketahui, total calon jamaah haji asal Sultra yang berangkat tahun 2024 ini sebanyak 2.122 orang yang terdiri dari 2.082 orang jamaah, 15 orang pendamping haji daerah, dan 25 petugas kloter.

Tahun ini, calon jamaah haji asal Sultra dibagi ke dalam lima koloter,  yang terdiri dari empat kloter utuh dan satu kloter gabungan Embarkasi Makassar.

Setiap kloter calon jamaah haji akan didampingi 8 petugas, di antaranya satu orang ketua kloter, satu orang pembimbing ibadah, tiga orang petugas haji daerah, dan tiga orang tenaga kesehatan.

Kloter pertama yang akan berangkat melalui Embarkasi Makassar adalah calon jamaah haji asal Kota Kendari sebanyak 450 orang.

Jamaah kloter pertama asal Kendari ini akan berangkat ke Embarkasi Makassar pada 30 Mei 2024. Pada 31 Mei 2024 masuk ke Embarkasi, dan pada 1 Juni 2024 berangkat ke Jeddah.

Selanjutnya pada  2 Juni 2024 kloter kedua sebanyak 450 berangkat ke Jeddah. Disusul kloter ketiga sebanyak 450 orang pada 3 Juni 2024. Kemudian kloter empat sebanyak 450 orang berangkat pada 5 Juni. Dan terakhir sebanyak 322 orang berangkat pada 7 Juni 2024.


Editor: Wiwid Abid Abadi

error: Content is protected !!