Berita  

Dikbud Sultra Latih Guru untuk Jadi Pendamping Psikologis Peserta Didik

Foto bersama Kadis Dikbud Sultra Yusmin (tengah) bersama pemateri dan peserta pelatihan bantuan psikologi awal peserta didik bagi guru SMA, SMK dan SLB. Foto: Dok. Istimewa.

Kendari – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menggelar pelatihan bantuan psikologi awal peserta didik bagi guru Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) tahun 2024 bertempat di Hotel Plaza Inn Kendari, Senin (29/7).

Kegiatan ini mulai 29 Juli sampai dengan 1 Agustus 2024 dengan menghadirkan tiga ahli psikologi.

Ketua Tim Psikologi asal Universitas Islam Indonesia (UII), Uly Gusniarti mengatakan, pihaknya melakukan pelatihan kepada guru dan memberikan pendampingan psikologi untuk siswa SMA, SMK dan SLB.

“Dan nanti guru akan diajari bagaimana memahami karakteristik siswa dan guru-guru bagaimana menjadi orang tua yang baik bagi anak di sekolah dengan mengajarkan komunikasi yang efektif,” katanya saat diwawancarai awak media.

Doktoral asal Universitas Malaya Malaysia ini menyebutkan, bagi yang ditemukan siswa mengalami masalah di sekolah pihaknya juga mengajarkan kepada guru untuk memberikan pertolongan pertama pada siswa di sekolah.

“Output yang diharapkan, nanti guru akan membuat rencana aksi terkait dengan kegiatan-kegiatan yang nanti bisa diimplementasikan di sekolah,” ujar Uly.

Sementara itu, Kepala Dikbud Sultra, Yusmin berharap, dengan menghadirkan narasumber kompeten bisa mengajarkan kepada guru-guru untuk bagaimana melakukan pendampingan awal kepada siswa secara keilmuan.

“Tentu yang kita harapkan hari ini adalah guru-guru ikuti materinya dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.


Editor: Muh Fajar

error: Content is protected !!