Berita  

Pj Wali Kota Kendari Dedikasikan Adipura ke 11 untuk Petugas Kebersihan

Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, usai menerima penghargaan Adipura. Foto: Dok. Istimewa.

Kendari – Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, kembali meraih penghargaan Adipura yang ke 11 Tahun 2022 untuk kategori kota sedang.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan diterima Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Kantor Kementerian LHK, Jakarta, pada Selasa (28/2).

Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan penghargaan Adipura tersebut merupakan Adipura pertama pasca pandemi Covid.

Penghargaan ini, kata dia, adalah upaya mendorong pemerintah daerah membangun keaktifan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan kota yang berkelanjutan dengan tujuan untuk memacu masyarakat ikut memberi andil dalam membangun kota dengan lingkungan yang bersih.

“Semoga penghargaan ini menjadi pemicu dan pemacu semangat bersama dengan semakin meningkatnya kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kebersihan serta sampah untuk mewujudkan Kota Kendari yang bersih dan asri sebagai bagian dari Kendari Bergerak,” kata Asmawa.

Asmawa bilang, parameter keberhasilan raihan Adipura tersebut dilihat dari kebijakan, output program, dan dukungan anggaran dengan pemanfaatan secara optimal serta meningkatnya peran dan tanggung jawab masyarakat terhadap kebersihan lingkungan masing-masing.

Capaian penghargaan ini, menurutnya, tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi dari seluruh stakeholders yang ada di Kota Kendari, dalam mewujudkan kebersihan lingkungan masing-masing yang pada akhirnya berakumulasi pada kebersihan kota secara menyeluruh.

“Terimakasih kepada seluruh warga kota, aparat pemerintah mulai dari tingkat kelurahan dengan RT RW, kecamatan, OPD, jajaran Forkopimda serta pihak-pihak terkait lainnya yang telah peduli dan berkontribusi dalam pengelolaan kebersihan di Kota Kendari selama ini,” ungkap Asmawa.

“Secara khusus penghargaan Adipura ini didedikasikan kepada petugas kebersihan Pemkot Kendari yang telah bekerja keras, sehingga Kota Kendari dinilai layak sebagai kategori kota sedang yang berhasil dalam manajemen pengelolaan kebersihan,” pungkasnya.


Editor: Wiwid Abid Abadi

error: Content is protected !!