Dilantik Jadi Anggota DPRD Sultra, Andi Syarifuddin Siap Kawal Aspirasi Rakyat

Anggota DPRD Sultra, Andi Syarifuddin. Foto: Denyi Risman/Sultranesia.com.

Kendari – Andi Syarifuddin, resmi dilantik menjadi anggota DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 2024-2029 dalam rapat paripurna pengambilan sumpah jabatan yang berlangsung di Phinisi Ballroom Claro Hotel Kendari pada Senin 7 Oktober 2024

Andi Syarifuddin dilantik setelah pada Pemilihan Legislatif (Pileg) Februari 2024 lalu mengamankan satu kursi dengan perolehan suara mencapai 12.116 dari daerah pemilihan (Dapil) Sultra II yang meliputi Konawe Selatan dan Bombana dari Partai Gerindra.

Dalam Pileg lalu itu juga, Andi Syarifuddin menjadi anggota DPRD Sultra terpilih dengan suara terbanyak dari semua anggota legislatif terpilih dari Partai Gerindra.

Diwancara oleh awak media usai pelantikan, Syarifuddin menyampaikan komitmennya untuk menjalankan tiga fungsi utama legislatif, yakni legislasi, anggaran, dan pengawasan.

Dia menekankan pentingnya mendengarkan dan memperjuangkan suara masyarakat dari semua sektor, terutama petani di wilayah Sulawesi Tenggara, yang selama ini dianggapnya sebagai salah satu pilar penting ekonomi daerah.

“Para petani di Konawe Selatan dan Bombana adalah tulang punggung ekonomi daerah ini. Mereka membutuhkan perhatian lebih, baik dalam hal kebijakan pertanian, infrastruktur, hingga akses terhadap teknologi dan pasar,” ujar Syarifuddin.

“Saya berkomitmen untuk memastikan bahwa aspirasi mereka tidak hanya didengar, tetapi juga diimplementasikan dalam bentuk kebijakan yang konkret,” tambahnya.

Namun demikian, Syarifuddin mengaku siap mengemban amanah di komisi berapapun yang ditugaskan kepadanya.

“Yang terpenting adalah aspirasi masyarakat tersampaikan, dan saya sebagai wakil rakyat wajib mengawal aspirasi itu,” tegasnya.

Syarifuddin juga menambahkan bahwa dengan pengalaman birokrasi lebih dari 30 tahun, ia memiliki pandangan yang luas dalam memahami kebutuhan masyarakat serta dinamika pembangunan daerah.

“Tugas ini adalah amanah yang besar, dan saya akan memastikan untuk bekerja sebaik mungkin, dengan tetap membuka ruang komunikasi dan konsultasi dengan seluruh elemen masyarakat,” tambahnya.

Dengan latar belakang sebagai birokrat yang pernah menjabat di berbagai posisi strategis, termasuk sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bombana, Syarifuddin dipandang memiliki kapasitas untuk menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat dengan penuh tanggung jawab.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Konawe Selatan dan Bombana yang telah mengamanahkan dirinya menjadi wakil rakyat di DPRD Sultra.

Pelantikan ini menandai awal perjalanan baru bagi Andi Syarifuddin dalam kiprahnya sebagai legislator, dengan fokus utamanya pada kesejahteraan masyarakat Sulawesi Tenggara.

Digadang-gadang Jadi Wakil Ketua DPRD Sultra

Andi Syarifuddin juga disebut-sebut menjadi salah satu kandidat kuat calon Wakil Ketua DPRD Sultra dari Partai Gerindra.

Hal ini tak lepas dari perolehan suara Andi Syarifuddin yang mencapai 12 ribu suara lebih dan menjadikannya anggota legislatif Sultra dengan perolehan suara terbanyak di internal Partai Gerindra.

Dikonfirmasi terkait wacana itu, Andi Syarifuddin mengaku tak tahu. Dia memilih menyerahkan soal keputusan tersebut kepada partai.

“Oh iya, kalau itu saya tidak tahu ya. Itu urusan dan wewenang partai,” kata Andi.

Namun demikian, Andi Syarifuddin mengaku siap jika memang partai menunjuknya sebagai Wakil Ketua DPRD Sultra.

“Tentu siap lah. Segala sesuatu yang diinstruksikan partai harus siap kita laksanakan sebagai kader,” tegasnya.


Editor: Denyi Risman

error: Content is protected !!